Portal Berita Pelaut

Sunday, April 06, 2014

Inilah 6 Manfaat Buah Alpukat Yang Harus Kita Ketahui

Inilah 6 Manfaat Buah Alpukat Yang Harus Kita Ketahui


Buah Alpukat memang Lezat dan penuh dengan gizi dan vitamin, namun sebagian orang juga ada yang tidak menykai buah ini. Mungkin karena rasanya yang memerlukan sedikit gula biar terasa manis,

Kebanyakan orang mengenal buah Alpukat ini sebagai juz atau campuran dari Es Buah, namun dibalik semua itu terdapat manfaat tersembunyi yang perlu kita tau bahwa buah alpukat benar - benar mengandung banyak nilai gizi.




1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Ada dua jenis kolesterol: kolesterol 'baik' dan kolesterol 'buruk'. Yang terakhir bisa berbahaya bagi arteri dan organ-organ vital Anda, jika Anda tidak melakukan sesuatu untuk mencegahnya.

Makanan berlemak dan gula adalah penyebab utama di balik tingginya tingkat kolesterol jahat, ini bisa Anda kendalikan kadarnya dengan makan alpukat secara teratur.

Dengan menurunkan tingkat kolesterol LDL karena kandungan folat tinggi, alpukat juga akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.



Dengan mengkonsumsi alpukat, membantu menurunkan kolesterol Anda secara cepat, efisien, alami dan tanpa efek samping. Ini karena buah mengandung kadar tinggi asam oleat.



2.  Terdapat Kandungan Karotenoid Yang Banyak

Diet seimbang dan bergizi yang melibatkan makan setidaknya satu buah alpukat per hari adalah cara terbaik untuk mendapatkan karotenoid (dari lutein dan alpha-karoten sampai beta-karoten, tokoferol dan zeaxanthin).

Selain itu, rasanya yang lezat, Anda dapat dengan mudah menambahkannya ke salad- ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan lutein sehari-hari, daripada beralih ke pil dan suplemen makanan.

Alpukat mengandung sejumlah besar nutrisi dan karotenoid (khususnya lutein) yaitu kandungan untuk melindungi Anda terhadap penyakit mata.


3. Alpukat Dapat Menurunkan Berat Badan

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, tidak ada cara yang lebih mudah untuk melakukannya selain dengan mengkonsumsi alpukat.

Serat sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh terutama yang larut, karena mereka membantu tubuh Anda memecah karbohidrat.

Buah ini sangat kaya serat, yang dikenal bisa mengisi perut dan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang panjang. Rata-rata, satu buah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar tujuh gram serat, baik larut dan tidak larut.


4. Meningkatkan Aliran Darah Anda dan Otak Sehat

Kedua aspek yang saling berhubungan, karena otak hanya bisa sehat jika darah mengalir dengan benar ke seluruh tubuh.

Meski memiliki jumlah tinggi lemak dan kalori, ini sebabnya mengapa alpukat sangat dianjurkan untuk orang dewasa dan orang tua, karena dapat mencegah atau setidaknya memperlambat penurunan kemampuan kognitif Anda.

Namun, gangguan sirkulasi darah adalah sangat umum terjadi saat ini, dan alpukat dapat membantu meningkatkan aliran darah Anda.


5. Alpukat Sebagai Obat Hipertensi

Hipertensi adalah suatu kondisi yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, dan sayangnya sering diabaikan karena biasanya tidak memiliki tanda-tanda nyata apapun.

Alpukat dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda dengan cara alami dan efisien, karena buah ini kaya kalium dan magnesium yang merupakan dua senyawa penting untuk mengobati hipertensi.

Alpukat juga kaya dalam dua nutrisi daripada kebanyakan buah lainnya, seperti pisang atau kiwi.

Namun banyak orang mengabaikan hipertensi mereka sampai terlambat hingga akhirnya menyebabkan kerusakan yang luas untuk jantung, vena dan arteri.


6. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Diet seimbang setidaknya mengonsumsi setengah buah alpukat per hari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Ini karena buah mengandung asam lemak oleat tak jenuh tunggal, vitamin E dan lutein.

Dianggap sebagai superfoods karena juga bagus untuk mencegah kanker prostat, dan diyakini bisa menjadi pengobatan dampingan karena kandungan tokoferol dalam alpukat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat. Ini menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry.

Tidak kaya akan karotenoid, tetapi alpukat juga membantu tubuh Anda menyerap karotenoid dari buah-buahan dan sayuran lainnya.

Vitamin E juga mematikan apa yang dikenal sebagai agen sinyal yang merangsang produksi dan reproduksi sel-sel kanker, sehingga memperlambat perkembangan penyakit yang berpotensi fatal ini.

Maka untuk mendapatkan semua manfaat di atas, alpukat harus menjadi bagian dari makanan sehari-hari Anda. Soal bagaimana mengkonsumsinya ini tergantung selera Anda.

Namun Anda harus berhati-hati untuk tidak melebihi jumlah harian yang direkomendasikan, karena buah ini sangat berlemak dan bisa memiliki efek sebaliknya dalam jumlah besar. Khususnya untuk tujuan penurunan berat badan mereka karena kandungan serat yang tinggi. [mor]

Sumber : INILAHCOM

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 6 Manfaat Buah Alpukat Yang Harus Kita Ketahui

0 komentar:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
1. Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
2. No SARA
3. Tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung perasaan orang lain, baik admin maupun pembaca
4. Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form