Portal Berita Pelaut

Wednesday, April 23, 2014

Penemu Arca Bakal Diberi Hadiah

Penemu Arca di Dusun Candi Bakal Diberi Hadiah


TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Balai Konservasi Borobudur (BKB) akan memberikan hadiah kepada warga yang menemukan dua arca di Dusun Candi, Desa Ringin Anom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Selasa (22/4/2014).

Menurut Kepala BKB Marsis Sutopo, pemberian hadiah tersebut merupakan kompensasi yang sudah diatur dalam Undang-undang (UU) nomor 11 tahun 2011 tentang Cagar Budaya.

"Hadiah akan diberikan setelah ada hasil penelitian dari tim peneliti arkeolog," ujar Marsis, Rabu (23/4/2014), tanpa menyebut besaran kompensasi tersebut.


Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu tim peneliti arkeologi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang tengah melakukan kajian mendalam terhadap dua arca yang diduga peninggalan purbakala itu.

BKB berencana untuk menyimpan temuan tersebut di museum Balai Konservasi Peninggalan Purbakala Borobudur. 

"Kami masih menunggu kajian dan penelitian dari tim arkeologi UGM terkait arca ini. Hasil penelitian untuk menentukan hadiah kepada warga yang menemukan," tambahnya.

Menurut Marsis, arca yang berbentuk nandi atau binatang lembu utuh dan arca dewa tanpa kepala yang sedang duduk bersila itu, diperkirakan sebagai peninggalan masa klasik Indonesia atau zaman Hindu.

Benda-benda purbakala lainnya, diduga masih banyak tersebar di dusun yang terletak sekitar 5 kilometer dari Candi Borobudur itu.

Marsis mengatakan, temuan ini erat kaitannya dengan keberadaan candi Borobudur dimana di sekitarnya peninggalan peradaban Hindu.

"Kami tetap harus menyelamatkan temuan ini agar tidak rusak dan hilang," kata Marsis. 

Sebelumnya diberitakan, tiga pekerja pembuat bata menemukan dua buah arca kuno ketika menggali tanah di Dusun Candi, Desa Karang Anom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Selasa (22/4/2014) pagi. Semula dua benda itu dikira batu biasa.

Namun, setelah diangkat dan dibersihkan, diketahui bahwa dua benda itu berbentuk patung berbentu binatang lembu dan dewa tanpa kepala yang sedang duduk bersila. Penemuan ini sempat menggegerkan warga sekitar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penemu Arca Bakal Diberi Hadiah

0 komentar:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
1. Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
2. No SARA
3. Tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung perasaan orang lain, baik admin maupun pembaca
4. Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form